rss_feed

Desa Topanda

Jln Poros Talle-Talle Dusun Topanda
Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan
Kode Pos 92553

call 082399271270| mail_outline hasdir.topanda@desa.mail.go.id

Selamat datang di website sistem informasi desa (SID) Desa Topanda Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan
fingerprint
SDGs Desa Nomor 2: Desa Tanpa Kelaparan

date_range 02 Jan 2021 11:44:12 favorite 65 Kali

Salah satu tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa atau SDGs Desa yang ingin dicapai dalam 10 tahun ke depan adalah mencapai Desa tanpa Kemsikinan dan Kelaparan. dalam halaman ini dijelaskan SDGs Desa Nomor 2 yakni Desa Tanpa Kelaparan.

Bagi Anda yang belum memahami apa itu SDGs Desa bisa melihat artikel sebelumnya tentang Pengertian dan Tujuan SDGs Desa yang Kami terbitkan sebelumnya. Baiklah mari disimak tentang Desa Tanpa kelaparan

Pada tahun 2030, tujuan ini menargetkan tidak ada kelaparan di desa, juga desa mencapai kedaulatan pangan, memperbaiki nutrisi dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan. Tujuan ini sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia yang termaktub dalam prioritas ketahanan pangan dan penciptaan lapangan kerja.

Kelaparan seringkali didefinisikan sebagai kondisi kekurangan asupan kalori pada seseorang (GHI, 2019), kekurangan jumlah makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dapat beraktivitas dan hidup sehat (Fan dan Polman, 2014). Menurut FAO (2008), kelaparan biasanya dipahami sebagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan energi dari makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi.

Global Hunger Index (2019) menunjukkan tingkat kelaparan dan kekurangan gizi di dunia terus mengalami penurunan sejak tahun 2000. Penurunan tingkat kelaparan ini berkaitan dengan turunnya angka kemiskinan dunia dari 28,6 persen pada tahun 1999 menjadi 9,9 persen. Dari riset tersebut diketahui bahwa, indeks kelaparan di Indonesia masuk dalam kategori serius dengan skor sebesar 20,1. Dari 117 negara, Indonesia menempati peringkat 70.

Secara nasional rata-rata konsumsi kalori perkapita perhari penduduk Indonesia pada Maret 2019 sebesar 2.120,52 Kkal. Ini sudah berada di atas standar kecukupan. Konsumsi protein sebesar 62,13 gram perkapita perhari, juga sudah berada di atas standar kecukupan konsumsi protein.

Apabila dilihat menurut klasifikasi daerah tempat tinggal, rata-rata konsumsi kalori perkapita sehari penduduk di daerah perkotaan sudah berada di atas standar kecukupan konsumsi kalori perkapita sehari, yaitu sebesar 2.119,77 Kkal, sedangkan di perdesaan angkanya juga sudah melampaui standar kecukupan konsumsi kalori perkapita sehari, yaitu 2.121,47 Kkal. Baik di daerah perkotaan maupun di perdesaan, konsumsi protein perkapita perhari sudah berada di atas standar kecukupan konsumsi protein. Konsumsi protein perkapita sehari penduduk di daerah perkotaan lebih tinggi dibandingkan di daerah perdesaan, yaitu 64,42 gram di daerah perkotaan berbanding 59,23 gram di daerah perdesaan.

Agenda kedua SDGs Desa adalah mengakhiri segala jenis kelaparan di desa pada tahun 2030 serta mengupayakan terciptanya ketahanan pangan, untuk menjamin setiap orang memiliki ketahanan pangan yang baik menuju kehidupan yang sehat. Pencapaian tujuan ini membutuhkan perbaikan akses terhadap pangan dan peningkatan produksi pertanian secara berkelanjutan, yang mencakup peningkatan produktivitas dan pendapatan petani, pengembangan teknologi dan akses pasar, sistem produksi pangan yang berkelanjutan, serta nilai tambah produksi pertanian.

Sumber : Kemendesa.Go.Id

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

share Sinergi Program

folder Arsip Artikel


insert_photo Galeri Foto

assessment Statistik Desa

message Komentar Terkini

  • person Waris

    date_range 21 Januari 2021 13:05:21

    Lebih informatif dan edukatif, saya setuju itu. s...baca selengkapnya
  • person Darwis K

    date_range 03 Maret 2021 14:08:20

    Sukses selalu buat Pemdes Topanda menuju desa digi...baca selengkapnya
  • person Andi Baso

    date_range 21 Januari 2021 13:05:21

    Kegiatan rohani dengan melibatkan perempuan tentun...baca selengkapnya
  • person Bakri

    date_range 21 Januari 2021 13:05:21

    Selamat atas keberhasilan Desa Topanda menerbitkan...baca selengkapnya

map Wilayah Desa

Alamat : Jln Poros Talle-Talle Dusun Topanda
Desa : Topanda
Kecamatan : Rilau Ale
Kabupaten : Bulukumba
Kodepos : 92553
Telepon : 082399271270
Email : hasdir.topanda@desa.mail.go.id
  • Andi Jemma

    Kepala Desa

  • Jusman

    Sekretaris Desa

  • Muh Sabir

    Kaur Pemerintahan

  • Hasdir

    Kaur Umum

  • Mahrul

    Kaur Keuangan

  • Andi Tawakkal

    Kaur Pembangunan

  • Mahrup

    Kaur Keamanan dan Ketertiban

settings Pengaturan Layar